Tugu TdS Akan Dibangun di Dermaga Danau Singkarak

0
643

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok dan Sumatera Barat, berencana akan membangun Tugu Tour de Singkarak (TdS) di Dermaga Danau singkarak, Kabupaten Solok.

 

Hal tersebut  disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra Prasat, Senin (3/9) di ruang kerjanya, dimana rencana pembangunan tersebut sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar. “Bapak Wakil Gubernur Sumbar juga sudah pernah meninjau lokasi rencana pembangunan Tugu TdS dan Rest Area di Kebun Teh PTPN VI di Kecamatan Gunung Talang,” jelas Yandra Prasat.

 

Disebutkan Yandra, Pemerintah Sumbar sudah Survei rencana pembangunan tugu TdS di Dermaga Singkarak dan Rest Area di kawasan Kebun teh PTPN VI unit usaha Danau Kembar,  yang dilakukan oleh Wakil Gubernur  Sumbar, Drs. H. Nasrul Abit pada Rabu 15 Agustus 2018 lalu. Tampak mendampingi Wakil Gubernur Sumbar dalam kunjungan ke Kabupaten Solok tersebut antara lain Bupati Solok yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Yandra Prasat, Plh. Kadis Pariwisata Sumbar,  Didit P Santoso.

 

“Rencana pembangunan Tugu TdS itu, adalah bentuk sarana pendukung sebagai penggerakan Wisata di Kabupaten Solok, dimana ivent balap sepeda kelas dunia ini bisa menggenjot kunjungan turis ke Sumbar dan Kabupaten Solok,” tambah Yandra Prasat. Disebutkannya, rencana lokasi pembangunan Tugu TdS, sudah tersedia tanah seluar 1, 8 Ha, dan hal itu perlu peninjauan ulang dari Dinas PUPR dan DLH.

Sebagaimana diketahui bersama, Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional dari Union Cycliste International yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat dan tahun 2018 adalah untuk yang ke 10 kalinya digelar. TdS  pertama kali digekar pada tahun 2009 dsan tahun 2018 ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 11 Nopember 2018 dan merupakan kerjasama dengan Amaury Sport Organisation yang menjadi penyelenggara Tour de France di Perancis.

 

“Waktu kunjungan tersebut, Bapak Wagub berpesan agar Pemkab Solok segera melengkapi administrasi dan dokumen yang dibutuhkan sehingga paling lambat tahun 2020 kedua pekerjaan tugu TdS dan Rest Area Kebun Teh sudah  dapat dilaksanakan,” tambah Yandra.

Sementara rencana pembangunan Rest Area Kebun Teh, dibutuhkan karena pada umumnya masyarakat yang akan bergunjung ke Solok Selatan akan akan mampir di Kebun teh untuk berselfie ria dan juga istrirahat, maka sangat diperlukan sebuah rest Area yang nantinya akan dilengkapi dengan lokasi parkir, tempat ibadah berupa mushalla, rumah makan dan lainnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here