TdS Diharapkan Mampu Pukau Mata Dunia Melihat Keindahan Kabupaten Solok

0
216

SOLOK, JN- Meski alek balap sepeda internasional berupa Tour de Singkarak (TdS) akan digelar pada tanggal 3 hingga 11 November mendatang, namun beberapa Kabupaten Kota di Sumbar sudah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik, termasuk Pemkab Solok.

“Kita berharap TdS kali ini akan menjadi ajang promosi gratis bagi Pemkab Solok dan Sumbar, karena dengan memperlihatkan sikap keramah tamahan bangsa kita, diharapkan para peserta dan Tim dari negara peserta TdS bisa menceritakan alam Indonesia, khusunya Kabupaten Solok agar mereka bisa balik lagi setelah alek TdS dengan membawa keluarga atau sahabat mereka untuk datang ke Kabupaten Solok dan Ranah Minang,” harap Kepala Dinas Pariwista Kabupaten Solok, Yandra Prasat, Senin (8/10).

 

Untuk TdS tahun 2018, merupakan ajang TdS yang ke-10 yang dilksanakan di Sumatera Barat dan diikuti oleh peserta balap sepeda dari beberapa negara di dunia. Sementara untuk Kabupaten Solok sendiri, mendapat jatah atau rute pada Etape 3 dengan rute start di Dermaga Singkarak menuju Kabupaten Tanah Datar dengan jarak 150 KM karena peserta akan mengelilingi Danau Singkarak sebanyak 2 kali sebelum menuju kota Batu Sangkar di Kabupaten Tanah Datar.

“Kita berpesan kepada masyarakat dan juga para pelajar, untuk berlaku sopan dan ramah tamah kepada tamu kita dari luar, agar mereka betah dan tertarik untuk datang lagi ke sini sebagai pelancong,” tambah Yandra.

Untuk itu, selain ingin menjadi tuan rumah yang baik, selama pelaksanaan TdS juga akan diadakan pameran dan bazar. Untuk  start etape 3 yang dijadwalkan pada 5 November 2018, dengan rute sejauh lebih kurang 150, 4 Kilometer. Selanjutnya Kabupaten Solok akan dilintasi  Etape 6 dengan rute Kota Solok-menuju Kota Payakumbuh dengan jarak tempuh sejauh 105 Km dan  dan etape 7 dengan rute dari Kota  Padang Panjang menuju Kabupaten Solok Selatan dengan rute sepanjang 194 Km atau rute paling panjang selama pelaksanaan TdS tahun 2018 ini.

 

Namun yang paling menarik adalah dengan adanya nuansa yang berbeda yang bakal disuguhkan dalam TdS tahun ini, dimana panitia dari Pemkab Solok bersama telah menyiapkan jalur berbeda dibanding sebelumnya.  “Pada etape 3 ini dimana dengan start di Dermaga Danau Singkarak,  maka kita rencanakan para pebalap akan melintasi rute mengelilingi Danau Singkarak sebanyak dua kali, jelang finish di Tanah datar dengan jarak 150 Kilometer. Dan ini sama saja dengan mengingatkan pada TdS pertama kali diselenggarakan, dimana seluruh peseta waktu itu mengelilingi Danau Singkarak,” jelas Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH.

 

Wabup berharap bahwa dengan disuguhkan nuansa alam Kabupaten Solok  yang indah, diharapkan para pebalap akan tertarik  untuk kembali datang ke Indonesia. “Modal dasar pariwisata selain keindahan alam, juga keramah tamahan penduduknya, termasuk faktor keamanan dan fasilitas pendukung lainnya seperti kesertedian hotel dan kuliner,” jelas H. Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda