TdS 2019 Digelar November, Kabupaten Solok Dapat Star Etape V

0
98

SOLOK, JN-Pelaksanaan ivent balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) tahun 2019, rencananya akan digelar tanggal 2 hingga 10 November mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Nasripul Romika, Jum’at (5/7), menyebutkan bahwa Kabupaten Solok akan mendapat jatah star pada hari kelima menuju Kabupaten Agam.

“Selain Sumatera Barat, TdS kali ini akan melebar ke Provinsi Jambi, yakni Kabupaten Kerinci dan kota Sungai Penuh, ” sebut Nasripul.
Rencananya seluruh Etape hanya ada 9, yalni Etape 1 dari Pariaman menuju Tanah Datar, Etape 2, Pasaman menuju Bukittinggi, Etape 3, Payakumbuh menuju Sawahlunto, Etape 4, dari limapuluh Kota menuju Dhamasraya, Etape 5, Kabupaten Solok menuju Agam, Etape 6 dari Padang Panjang menuju Solok Selatan, Etape 7 dari Kayu Aro menuju Kerinci, Etape 8 dari Sungai Penuh menuju Pesisir Selatan dan Etape 9 dari Pesisir Selatan menuju Padang.

Nasripul juga berharap, agar TdS kali ini bisa berdampak langsung ke masyarakat Solok dan Sumbar, sehingga tidak hanya sekedar acara rutin tahunan saja. ” Kita berharap para tamu dari luar negeri bisa berbelanja di Solok dan Sumbar, sehingga ekonomi rakyat kecil bisa terbantu, ” sebut Nadripul Romika.

Terpisaj, Kadis Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, juga membenarkan bahwa tahun ini selain Sumbar, alek TdS juga akan melebar ke Provinsi tetangga yakni provinsi Jambi.
” Ya, dengan masuknya Provinsi Jambi mengikuti TdS, maka gaungnya mungkin akan lebih terasa dan lebih mendunia, ” sebut Oni Yulfian.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Kabupaten Kerinci, Ardinal Salim, juga mengaku sangat antusias daerahnya bisa dilintasi para pembalap dunia berupa TdS yang biasanya hanya melintasi daerah di Sumbar saja.

” Daerah kita sudah di survey oleh CEO TdS untuk memastikan medan jalan dan mereka minta ada beberapa titik jalan yang harus kita benahi sebagai syarat mutlak pelaksanaan even internasional tersebut,” terang Ardinal Salim.

Pihaknya mengaku juga sudah utus dan dapatkan Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian PUPR (BPJN IV) untuk perbaikan jalan Kayu Aro-Sungai Penuh, dab sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat.
Saat ini Pemprov Jambi dan pemerintah daerah Kerinci dan Sungai Penuh juga sudah mempersiapkan fasilitas penunjang seperti pelayanan hotel di Kerinci ataupun Sungai Penuh tempat menginap para pembalap (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda