SOLOK, JN-Kabupaten Solok, mendapat jatah Etape ke enam Tour de Singkarak (TdS), tahun 2019, yang akan dihelat pada tanggal 7 November 2019 mendatang.

Start TdS etspe 6, dilakukan di Dermaga Danau Singkarak, menuju Solok Selatan dan akan menempuh jarak 214,1 KM, dan merupakan jarak terpanjang pada TdS tahun ini.

Sebelum TdS dimulai, rencananya Pemerintah Kabupaten Solok, akan menggelar fun bike, eksibisi paralayang dan permainan KIM pada tanggal 3 November 2019.

Acara itu untuk memeriahkan even Tour de Singkarak tahun 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Nasripul Romika, di ruang kerjanya, Kamis (24/10), menyebutkan bahwa
fun bike akan dimulai dari UMMY menuju Dermaga Singkarak dan eksibisi paralayang di empat titik seperti Saniang Baka, Singkarak, dan permainan KIM.

Sementara pada hari Jum’at tanggal 25 Oktober 2019, masyarakat selingkar Danau Singkarak dan sekolah sekitar bergotong royong membersihkan kawasan sekitar Dermaga Singkarak dalam untuk persiapan TdS tahun 2019 ini.

“Ya, besok Jum’at kita akan bergoro di Dermaga Singkarak untuk persiapan TdS, ” terang Nasripul. Untuk memeriahkan TdS tahun ini, Pemkab Solok menganggarkan dana sekitar Rp
800 juta.

“Anggaran tersebut akan digunakan untuk biaya, pakaian, promosi, publikasi dan persiapan lainnya,” sebut Nasripul. Jika dibanding tahun lalu, anggaran itu tarun sekitar Rp 50 juta.

Nasripul juga menghimbau masyarakat yang memiliki ternak, seperti sapi, anjing, kerbau, ayam atau lainnya untuk tidak melepas pada hari tersebut, karena dicemaskan bisa akan lepas ke jalan dan mengganggu pelaksanaan TdS.

Pada hari, H, Dinas Pariwisata juga akan menampilkan yang akan bekerja sama dengan dewan kesenian Kabupaten Solok dan akan menampilkan musik talempong pacik dengan silat, aneka tarian dan lainnya.

Nasripul juga menyebutkan peserta TdS tahun ini terdiri dari 20 tim yang berasal dari 25 negara yang membawa sekitar 200 pebalap sepeda (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here