Sebanyak 202 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Solok Dilepas

0
100

SOLOK, JN- Sebanyak 202 Calon Jemaah Haji (CJH) asal bumi bareh Solok, hari Kamis (4/7), dilepas secara resmi oleh Bupati Solok H. Gusmal, bertempat di Guest House Arosuka.

Tampak hadir pada acara pelepasan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar Can, Kepala KBIH, para Kepala KUA se Kabupaten Solok, para Staf Ahli, Asisten dan Kepala SOPD se Kabupaten Solok, Calon Jemaah Haji dan keluarga.

Dalam laporannya Kakankemenag H. Kabupaten Solok, H. Alizar Can menyampaikan bahwa 202 JCH asal Kabupaten Solok akan tergabung dalam Keloter IV Embarkasi Padang bersama JCH asal Kota Solok, Solok Selatan dan Kota Padang.

Jemaah haji Kabupaten Solok tahun 1440 H /2019 Masehi ini berjumlah sebanyak 202 orang. Jemaah haji termuda atas nama Ananta Wijaya Darlis umur 22 tahun asal Nagari Selayo dan jemaah haji tertua atas nama Ramaniah Husin Pulan Umur 88 tahun asal Arosuka.

“Sebelum keberangkatan, kami sudah melakukan pembinaan bagi calon jemaah haji yaitu pembinaan manasik mandiri yang dilaksanakan oleh KBIH yang Ada di kabupaten Solok,” sebut Alizar Can.

Pembinaan Manasik dengan operasional penyelenggaraan Haji yang dilaksanakan sebanyak 10 Kali dengan pembagian 8 di Kecamatan dan 2 Kali di Kabupaten.

Bupati Sopok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah haji bagi para calon jemaah asal Kabupaten Solok.

“Saudara semua yang hadir ini adalah orang pilihan Allah yang mendapat kesempatan berhaji tahun ini, semoga semua jamaah diberi kekuatan dan kemudahan menjalankan ibadah dan pulangnya menjadi haji mabrur,” terang H. Gusmal.

Bupati juga mengingatkan jamaah untuk mengutamakan semua proses ibadah dibanding kegiatan lain. Pergunakan setiap waktu yang ada untuk tafakur dan mendekatkan diri kepada Allah di tanah suci. Amalkan semua ilmu yang didapat selama manasik di tanah air.

Tak lupa Bupati meminta JCH untuk mendoakan semua masyarakat Kabupaten Solok juga untuk berkesempatan menunaikan ibadah haji. Bupati juga berpesan kepada 202 JCH yang berangkat tahun ini, agar sepulangnya nanti menjadi panutan dan motivator kehidupan beragama di Kabupaten Solok terutama dalam menyukseskan program Magrib Alquran dan Subuh berjemaah sehingga jangka panjangnya masyarakat madani terwujud.

Bupati juga berpesan agar Calon Jemaah Haji Kabupaten Solok menjaga kesehatan karena cuaca Solok dengan kota Suci Mekkah berbeda (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda