Puluhan Turis Asing Akan Kunjungi Nagari Jawi-Jawi Guguk

0
835

SOLOK, JN-Puluhan turis asing yang tergabung dalam program Association For The Internasional Exchange Of Students In Economics And Commerce (AIESEC), yang  merupakan organisasi mahasiswa internasional yang beranggotakan sebanyak 130 negara di dunia, rencananya pada Sabtu dan Minggu tanggal 10 dan Maret 2018 besok akan mengunjungi Kampun Wisata Budaya Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, kunjungan turis dari berbagai negara tersebut akan ke Jawi-Jawi Guguk dalam rangka memperkenalkan tradisi budaya masyarakat Jawi-Jawi Guguk ke dunia internasional. Bahkan turis asing yang merupakan pertukaran mahasiswa AIESEC dan untuk mempelajari kebudayaan dan tradisi yang ada di nagari yang dikunjungi dan mereka akan didampingi oleh Pokdarwis di nagari setempat.

“Pada kunjungan tersebut, kita meminta seluruh turis kalau yang pria memakai pakaian lokal sesuai yang digunakan oleh masyarakat setempat seperti sarung atau topi. Sementara yang wanitanya wajib memakai tanggkuluak dan serong serta harus sesuai budaya lokal,” jelas Yandra Prasat. Selain itu, kegiatan turis asing di Jawi-Jawi Guguk juga akan mengikuti mandi di kali, makan bajamba, kesawah, main koa, mengikuti latihan memasak ala Jawi-Jawi Guguk, menangkat ikan serta latihan kesenian daerah setempat. “Para turis diwajibkan menjaga kebersihan dan berbaur dengan masyarakat serta malamnya tidur di Homstay yang sudah kita sediakan secara bersama-sama. Namun yang perempuan juga tidur di home stay yang sudah kita siapkan,” terang Yandra.

Walinagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir Malin Putih menyebutkan bahwa pihaknya sangat senang didatangi para wisaman mancanegara. Apalagi sejak ditetapkan sebagai nagari Wisata Budaya oleh Pemerintah pusat, nagari tersebut makin ramai dikunjungi turis asing. “Kita berharap mahasiswa ini belajar tradisi budaya di nagari sekaligus membuat video budaya nagari setempat agar bisa dikisahkan kepada keluarga dan teman-teman mereka di negara masing-masing,” jelas Laswir. Walinagari juga menyambut positif kunjungan mahasiswa asing yang tergabung dalam AIESEC ke Kabupaten Solok dan berharap para mahasiwa itu bisa mempromosikan wisata budaya Kabupaten Solok kepada negara mereka dan bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan asing ke Jawi-Jawi dan ke Kabupaten Solok.”Kita berharap adik-adik mahasiswa ini bisa ikut membantu menjelaskan kepada tamu kita dari negara luar tentang tradisi dan budaya yang ada di nagari yang dikunjungi,” jelas  Laswir.

Berikut ini adalah nama-nama mahasiswa atau turis asing yang akan mengunjungi Nagari Wisata Budaya Jawi-Jawi Guguk, pada tanggal 10 dan 11 Maret besok, seperti, Luke Mc.Milan dari Australia, Yuki Iwata dari Jepang, Tereza Vejdova dari Republik Ceko, Beata Sipos dari Hungaria, Asma Sayed Abdel Ghani dari Mesir, Tran Thi Uyen dari Vietnam, Raza Tojo Harimalala dari Madagaskar, Angela Caroline dari Chile, Muhammad Alee Nalee dari Thailand, Anis Slaemae dari Thailand, Hem Kim Hong dari Kamboja, Tran Phuoc Qui dari Vietnam dan Ngoc Tu dari Vetnam (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here