Pembukaan TdS di Dermaga Singkarak Berjalan Meriah

0
196

SOLOK, JN-Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit, hari Kamis pagi (7/11), melepas start peserta Tour de Singkarak (TdS) Etape VI, dari Dermaga Danau Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, menuju Kabupaten Solok Selatan.

Acara pelepasan start para pembalap TdS Etape VI yang diikuti oleh 18 team dari 25 Negara. Sementara Hadiah yang akan diperebutkan pada TdS kali ini sejumlah 2, 3 Milyar.

Dalam acara pelepasan, Wagub Sumbar didampingi Solok Bupati Solok, H. Gusmal, sekitar jam 10.00 Wib, dengan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu , Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman, Kadis Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika, para Kepala OPD di Pemkab Solok, para Camat dan Walinagari se Kabupaten Solok, unsur Forkompimda di Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Pada Etape Enam kali ini yang Start di Dermaga Singkarak dan akan finish di Muaralabuh Solok Selatan, sebanyak 95 pembalap dunia ikut ambil bagian meramaikan TdS.

Acara pelepasan TdS juga dihibur dengan penampilan dan hiburan seni dari Dewan Kesenian Kabupaten Solok, dibawah pimpinan Edi Satria alias Mak Itam.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul menyebutkan bahwa pada Etape VI TdS tahun 2019 ini, akan menempuh jarak sejauh 214, 2 KM. Pihaknya juga menyebutkan bahwa event TdS ini, telah masuk dalam kalender Union Cycling International (UCI) kategori Asia Tour 2.2. Sejak 2013 Amauri Sport Organisation (ASO)
merekomendasi TdS menjadi kejuaraan mayor di Asia karena mampu menyedot lebih dari satu juta penonton. “Mari kita sukseskan TdS 2019 di Kabupaten Solok ini dan berlaku sopan kepada tamu yang datang dari negara asing agar kita tetap menjadi tuan rumah yang baik dimata internasional,” jelas Nasripul.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, berharap agar TdS kali ini akan berdampak dan mengundang minta wisatawan asing untuk datang ke Kabupaten Solok dan Sumbar. “TdS sudah berada pada peringkat ke Lima di dunia, dan hanya kalah dari setelah Tour de France yang menyedot sekitar 12 juta penonton, sementara TdS tahun 2018 menyedot sekitar 6 juta penonton,” jelas Gusmal.

Dengan banyaknya jumlah penonton TdS, Gusmal menyebutkan bahwa TdS sangat efektif mempromosikan pariwisata Kabupaten Solok dan Sumbar. “Provinsi Sumbar merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia, khususnya dalam sport, culture, keindahan dan tourism,” sebut Gusmal. Alek atau penyelenggaraan sport tourism TdS 2019, menurut Gusmal akan memberikan dua dampak sekaligus seperti dampak langsung pada ekonomi masyarakat dan media value yang tinggi terhadap promosi pariwisata Sumbar secara nasional dan internasional. “Saat ini TdS saat ini telah berusia 11 tahun dan dalam pada Satu dekade ini, perhelatan akbar balap sepeda berupa TdS ini dapat menjadi salah satu ajang sport-tourism bergengsi di mancanegara,” jelas Gusmal.

Wakil Gubernur Sumbar, H. Nasrul Abit, juga menyebutkan harapan yang sama dengan Bupati Solok, agar TdS berdampak positif bagi daerah Sumbar.
“Salah satu tujuan dari TdS adalah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar, ” terang Nasrul Abit.

Apalagi menurut NA bahwa pada Etape VI ini, selain akan melintasi objek wisata yang indah dan sangat potensial untuk dikembangkan seperti di Kabupaten Solok dan Solok Selatan, dimana peserta akan mengelilingi Danau Singkarak juga sudah menjadi ikon dari sport tourism TdS. Shetiap tahun, angka kunjungan wisatawan di objek wisata ini terus meningkat. Etape 6 akan melintasi titik atau rute yang menarik untuk dilintasi seperti di Sumani, Saniang Baka, Paningahan, Muaro Pingai, Batu Taba, Muara Panas, Koto Anau, Bukit Sileh, Danau Kembar, Alahan Panjang, Ayie Dingin, Surian dan masuk ke Solok Selatan.

Etape ke VI hanya diikuti 90an pebalap, lantaran pada etape sebelumnya, ada dua pebalap yang tidak ikut start. Lima pebalap keluar di tengah jalannya perlombaan dan dua pebalap lagi didiskualifikasi.

Pada Etape VI ini juga, para peserta akan melintasi bebera titik King Of Mountain yang terdapat di kawasan Solok Selatan (01/wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda