Mahasiswa AIESEC Akan Kunjungi Nagari Saning Baka

0
507

SOLOK, JN- Dua orang mahasiwa asal Negara Cina, rencanaya hari ini Senin (15/1) ini, akan mengunjungi nagari Saningbaka, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Dua mahasiwa yang tergabung dalam  Association For The Internasional Exchange Of Students In Economics And Commerce (AIESEC), yang  merupakan organisasi mahasiswa internasional yang beranggotakan sebanyak 130 negara di dunia.

“Kunjungan mahasiwa asal Cina itu dalam rangka pertukaran mahasiswa AIESEC dan untuk mempelajari kebudayaan dan tradisi yang ada di nagari yang dikunjungi,” jelas Dita Sari, mahasiswa asal UNAND yang tergabung dalam AIESEC tersebut, saat menyampaikan maksud kedatangan mahasiswa asal negeri tirai bambu tersebut, kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yandra Prasat, di ruang kerjanya, Minggu sore (14/1). Disebutkannya, rencanaya hingga bulan Juli 2018 ini, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam AIESEC ini, rencananya akan mengunjungi tiga nagari di Kabupaten Solok, yakni Nagari Jawi-Jawi Guguak, Nagari Salyo serta Saningbaka.

 

“Pada kunjungan yang akan datang, kita akan mendatangi nagari Jawi-Jawi Guguak di Kecamatan Gunung Talang yang sudah ditetapkan sebagai nagari Wisata Budaya oleh Pemerintah pusat dan mahasiswa AIESEC juga akan datang dari Asia, Eropa dan Amerika,” jelas Naqqara Philan Amaly, anggota AIESEC yang juga mahasiswa UNAND Padang itu.  Disebutkan Naqqara Philan Amaly, AIESEC merupakan sebuah organisasi pemuda internasional, bergerak di bidang kepemimpinan yang berada di 130 negara. mengirim serta mendatangkan pemuda untuk menjadi duta di luar negeri dengan tujuan menjalankan project sosial dan keanggotaan yang dilaksanakan dalam organisasi. Rencananya mahasiswa asal Cina itu juga akan belajar tradisi budaya di nagari yang dikunjungi sekaligus membuat video budaya nagari setempat.

 

“Kebetulan saya mempunyai teman dari luar negeri membawa project ini dan Alhamdulillah project ini kita bawa ke provinsi. Kegiatan ini sudah diikuti oleh beberapa  negara dan mahasiswa,” jelas Naqqara Philan Amaly.

Sementara Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok,  Yandra Prasat, menyambut positif kunjungan mahasiswa AIESEC ke Kabupaten Solok dan berharap para mahasiwa itu bisa mempromosikan wisata budaya Kabupaten Solok kepada negara mereka dan bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan asing ke Kabupaten Solok.”Kita berharap adik-adik mahasiswa ini bisa ikut membantu menjelaskan kepada tamu kita dari negara luar tentang tradisi dan budaya yang ada di nagari yang dikunjungi,” jelas Yandra Prasat.

Selain Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Yandra Prasat, turut hadir menerima mahasiwa UNAND yang menyampaikan maksud kunjungan Mahasiwa dan pemuda dari AIESEC itu antara lain  i Kasi Peningkatan SDM Kepariwisataan, Risvo Arweni Nolia, S.Sos, Kasi pengembangan kelembagaan, Alex Yulita, S.Sos, SE kasi industri pariwisata, Linda Sari dan Kabid bidang industri kelembagaan pariwisata, Tarmizi, SH,MM, di ruang Kepala Dinas Pariwisata. Sementara Mahasiwa UNAND yang hadir dan tergabung dalam anggota AIESEC adalah Naqqara Philan Amaly, Dita Sari, Deyana Rahmanisa, Aldo Septian Radam dan Yatmi Ira Rahayu. Sementara dua mahasiwa asal Cina yang akan mengunjungi nagari Saningbaka adalah Hanyuanjian dan  Chen Junho (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here