Imbauan Agar Tak Sebar Konten Video Kekerasan Selandia Baru

0
232

JAKARTA, JN- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar warganet dan masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten baik dalam bentuk foto, gambar, atau video yang berkaitan dengan aksi kekerasan berupa penembakan brutal yang terjadi di Selandia Baru.
Kementerian Kominfo mendorong agar masyarakat memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan aksi kekerasan, yaitu membuat ketakutan di masyarakat.

Konten video yang mengandung aksi kekerasan merupakan konten yang melanggar Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kementerian Kominfo terus melakukan pemantauan dan pencarian situs dan akun dengan menggunakan mesin AIS setiap dua jam sekali. Selain itu, Kementerian Kominfo juga bekerja sama dengan Polri untuk menelusuri akun-akun yang menyebarkan konten negatif berupa aksi kekerasan.

Kementerian Kominfo juga mendorong masyarakat untuk melaporkan melalui aduankonten.id atau akun twitter @aduankonten, jika menemukenali keberadaan konten dalam situs atau media sosial mengenai aksi kekerasan atau penembakan brutal di Selandia Baru.

Gubernur Sumbar beri ucapan duka

Ucapan Duka dan Berbelasungkawa Terhadap Saudara Kita Yang Jadi Korban Penembakan di Selandia Baru

Atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat, mengutuk keras aksi penembakan membabi buta di mesjid An Noer di dekat Hagley Park Kota Christchurch. Aksi brutal dan terkutuk ini mengakibatkan tewasnya 49 orang yang dilakukan oleh beberapa orang oknum yang di duga teroris.

Menurut berita yang kita dengar bahwa ada dua orang warga indonesia berasal dari Sumatera Barat yang jadi korban, yaitu Zulfirman Syah yang merupakan alumni SMP 12 Padang dan anaknya Omar berumur 2 (dua) tahun.

Saudara kita Zulfirman Syah yang lagi kuliah di ISI Jojyakarta masih dalam keadaan kritis dan anaknya Omar juga lagi mendapatkan perawatan yang intensif dari pemerintah setempat.

Untuk itu, mari kita doakan saudara kita Zulfirman Syah dan anaknya Omar semoga segera disembuhkan oleh Allah SWT dan kepada keluarga besarnya diharapkan sabar serta berserahdiri kepada Allah SWT.

Saya juga mengajak kita semua untuk mendoakan semoga korban yang tewas dalam insiden tersebut husnul khotimah dan dibalasi Allah dengan pahala syahid.

Semoga para pelakunya segera ditangkap dan diberikan hukuman yang setimpal sesuai hukum yang berlaku.

Aamiinn

Irwan Prayitno
Gubernur Sumatera Barat (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda