Mobil Pengangkut Wisatawan Asal Payung Sekaki Solok Jungkir Balik di Bukit Chinangkiek

0
1709

SOLOK, JN- Sebuah mobil pengangkut wisatawan asal Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, terbalik di jalan tanjakam menuju objek wisata Bukik Chinahkiek, Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Dibawah, Kabupaten Solok, Senin siang (2/11), sekira pukul 12. 30 Wib.

Polisi menduga mobil tersebut tidak sanggup mendaki dan kehilangan kontrol dan sempar jungkir balik ke tepi tebing.
Kapolres Solok Kota melalui Kapolsek X Koto Singkarak, Iptu Yasril Muchtar, SH, MH, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat ini peristiwa tersebut sedang ditangani oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Solok Kota. 
“Benar, ada sebuah mobil pengangkut wisatawan yang terbalik jelang pendakian Chinangkiek. Peristiwa ini sedang ditangani oleh Sat Lantas Polres Solok Kota. Nanti akan kita berikan informasi lanjutan,” ujarnya Iptu Yasril Muchtar, SH.


Namun dari video dan foto yang beredar di grup WhatsApp, kondisi bus terbalik di bibir jalan. Sejumlah penumpang juga dievakuasi dari dalam bus dan dibawa ke Puskesmas Singkarak dan ke rumah sakit umum M. Natsir, Kota Solok. Informasi lain kabarnya objek wisata tersebut juga belum ada izinnya.


Ketika ditanya, apakah ada korban jiwa pada kejadian itu, Iptu Yasril Muchtar, SH, belum bisa memberi penjelasan.

Sementara Kapolres Kota Solok, AKBP Ferry Suwandi membenarkan kecelakaan bus ini. Pihaknya melalui Satuan Lalu Lintas telah berada di lokasi dan mengamankan lokasi.
“Ini kecelakaan tunggal, anggota mengatakan korban dievakuasi ke rumah sakit. Kami belum mendapatkan data yang pasti jumlah penumpang dan jumlah korban. Nanti kita kabari lagi ,” ujar AKBP Ferry Suwandi.
Pihaknya juga  mengungkapkan kondisi jalan di objek wisata itu memang terjal. Diduga, bus tidak kuat mendaki kemudian mundur hingga terbalik.
Ketika ditanya apakah rombongan ini murni wisatawan atau diundang pihak Owner Cinangkiek, Epyardi Asda yang juga calon Bupati Solok belum diketahui pasti.

“Lokasi jalan yang mau masuk ke objek wisata Cinangkiak memang terjal. Rombongan ini informasinya mau ke tempat wisata itu, tapi kami dalami dululah. Karena tidak tahu apa mau wisata atau emang diundang untuk orasi,” terang AKBP Ferry Suwandi.

Ditambahkan Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.ik, dari 30 orang penumpang, 15 orang terluka. Sebanyak 8 orang luka ringan dirawat di Puskesmas Singkarak. Sementara, 6 orang luka ringan lainnya dirawat di RS M Natsir Solok. Sedangkan satu orang luka berat, yakni seorang balita mengalami luka berat dan dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Ferry juga menegaskan tidak ada korban jiwa (meninggal dunia) dalam peristiwa tersebut.

“Korban jiwa nihil. Satu balita luka berat, 14 lainnya luka ringan dari total 30 orang penumpang,”

AKBP Ferry Suwandi memaparkan, kronologis kecelakaan berawal saat bus pariwisata roda enam bernopol AB 7078 AS yang dikemudikan oleh SS, kehilangan daya (tenaga mesin) saat mendaki. Kendaraan yang baru sekira 15 meter mendaki tersebut, akhirnya mundur, kemudian keluar dari badan jalan dan akhirnya terbali (jn01)a

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here