Oleh: Fitriana Gustiva —————————————————————————————————

KULIAH Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegooro Periode 2019/2020 pada tanggal 5 Juli – 15 Agustus 2020 di Era Pandemi Covid-19 dilaksanakan di kampong halaman masing-masing mahasiswa.

Saya Fitriana Gustiva dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, salah satu peserta KKN Tim II berkesempatan melakukan kegiatan KKN di Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Nagari Koto Gadang Guguak terletak di pinggang Gunung Talang, berada pada ketinggian ± 1500 meter dari permukaan laut dengan topografi daerah berbukit-bukit. Letak nagari yang jauh dari pesisir menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat tentang makanan olahan dari hasil laut, khususnya rumput laut.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, masih banyak masyarakat yang menduga bahwa rumput laut hanya dapat dimanfaatkan sebagai es rumput laut, padahal tanpa mereka disadari jelly atau raga-raga dalam bahasa Minang yang biasa dikonsumsi berasal dari rumput laut.

Pada Kamis (29/07/20) saya mengundang ibu-ibu di Jorong Pasar Baru untuk memperkenalkan rumput laut dan cara pembuatan olahan dari rumput laut berupa jelly. Jelly yang berasal dari tepung rumput laut laut kaya akan manfaat. Senyawa antioksidan dan antialergenik dari rumput laut memiliki kemampuan untuk melawan berbagai virus, sehingga jelly ini cocok dikonsumsi untuk menjaga imunitas di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Oleh karena itu, adanya sosialisasi tentang rumput laut dan jelly rumput laut diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan imunitas masyarakat di era pandemi untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, jelly ini juga dapat dipasarkan untuk membantu perekonomian masyarakat.
(Penulis : Fitriana Gustiva

Dosen Pembimbing Lapangan :
Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes
)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here