Cerita fiksi/naskah

Perjalanan Seorang Pi Mencari Tuhan nya Dari Novel “Life Of Pi”Karya Yann Martel

×

Perjalanan Seorang Pi Mencari Tuhan nya Dari Novel “Life Of Pi”Karya Yann Martel

Sebarkan artikel ini

Oleh: Syukra Alhamda

==========================

Jika kamu telah sering mendengar kisah seseorang yang terdampar di tengah lautan selama berhari-hari,bagaiman kisah seseorang yang terdampar di lautan bersama seekor singa benggala dewasa di lautan sendirian?

Di saat dia harus memilih mati kelaparan atau mati karna harimau yang lapar?,maka di novel Life Of Pi kamu akan menemukan jawaban yang tidak terduga.Life of Pi adalah Novel yang dirilis pada tahun 2001 bergenre drama, petualangan, dan juga fantasy sebanyak 401 halaman.

Novel ini memuat sebuah cerita bertema perjalananseseorang religious.Novel Life Of Pi mendapatkan respon yang sangat baik dari para pembaca dan sudah diadaptasi menjadi film yang miliki judul yang sama dengan novel nya pada tahun 2011 yaitu film Life Of Pi.

Novel Life Of Pi memiliki alur cerita ketika seorang penulis yang bernama Yann Martel yang mendatangi rumah seseorang yang bernama Pi Patel di Kanada novelis tersebutmendengar kabar bahwa Pi Patel memiliki kisah yang sangat bagus jika dijadikan sebuah buku. Lalu dari sinilah Pi Patel menceritakan sebuah kisah yang cukup menginspirasi sang novelis.Di dalam novel ini Yann Martel menceritakan sebuah kisah perjuangan sang tokoh utama yaitu Pi Patel yang tinggal di Sebuah Kota di india bersama beluarganya.Ayah pi adalah seorang pemilik kebun binatang,yang dimana kebun binatang ini lah yang menjadi sumber pencarian utama keluarga tersebut.Pada saat Pi Patel masih kecil,Pi memiliki banyakkepercayaan,yang dimana kepercayaan Pi pertama yaitu hindu, lalu Pi mengenal agama Kristen dan terakhir pi mengenal agama islam.

Baca Juga :
Panti Sosial Andam Dewi Kembali Dapat Kiriman Wanita Binaan Dari Pasaman dan Bukittingi

Dalam perjaanannya mencari tuhan yang sesungguhnya pi menjalankan semua kepercayaan tersebut sekaligus hingga suatu hari Pi dan keluarga harus meninggalkan india dan pindah ke kanada dikarenakan kepentingan ekonomi keluarga.Pada saat di atas kapal perjalanan menuju kanada,kapal Pi di serang Badai Besar sehingga kapalnya karam dan semua yang berada di kapal tenggelam dan pi selamat di sebuah kapal sekoci kecil Yang dimana di sini lah awal cerita pi mengenal tuhan nya.Yann Martel membuat pembaca merasakan ketegangan dan kengerian ketika
membaca novel ini dengan berbagai adegan yang membuat pembaca penasaran tetapi juga mengundang dan menjawab dengan jawaban yang takterduga sehingga menarik pembaca untuk terus membaca novel ini.

Yann Martel memainkan rasa penasaran para pembaca dengan memberikan banyak adegan yang menajwab rasa penasaran pembaca dengan jawan yang takterduga.Pi Patel merasa putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya seperti kesehatan mental Pi yang mulai terganggu karena terlalu lama sendiri, Namun Adanya Richard Parker seekor harimau benggala dewasa yang selalu mengintai pi membuat pi selalu terjaga dan memaksa pi harus selalu membuka matanya dan beradaptasi dengan lingkungannya.Mulai tipis nya bahan makanan dan berbagai kejadian lainnya maka Pi harus secepat mungkin beradaptasi dan mengantisipasi hal tersebut.

Yann Martel mengatakan kisah Life of Pi terinspirasi dari kisah nyata dimana ada seorang pemuda yang terdampar di tengah lautan bersama singa Bengal selama 49 hari di laut lepas.Novel Life Of Pi dilirik oleh banyak produser film terkenal dan diadaptasi menjadi film Life Of Pi , film ini mendapat yang sangat baik dari para penonton dan tentunya telah merauh keuntungan yang tidak sedikit.Novel ini ditolak oleh sedikitnya lima penerbitan di London sebelum diterima oleh Knopf Canada, yang menerbitkannya pada bulan September 2001.

Baca Juga :
Ulasan Cerita Pendek “To Build A Fire" Karya Jack London

Edisi novel di Britania Raya memenangkan Man Booker Prize for Fiction pada tahunberikutnya.Novel ini juga masuk nominasi Canada Reads CBC Radio tahun 2003Yann Martel adalah seorang pengarang terkenal dari Salamanca Spanyol, Ia lahir di Salamanca Spanyol. Ia menulis banyak novel bergenrefiksi, fantasi,dan fiksi ilmiah. Novel Life Of Pi adalah novel debut nya yang membuat Yann Martel meraih kesuksesan pertamanya dan diikuti dengan karya karya nya yang lain. Yann Martel mengatakan kisah Life of Pi terinspirasi dari kisah nyata dimana ada seorang pemuda yang terdampar di tengah lautan bersama singa Bengal selama 49 hari di laut lepas.

Kemahiran Yann Martel dalam mencari ide dan menggambarkan suatu adegan membuat novel nya menjadi terkenal dan menginspirasi banyak penulis lain Novel Life Of Pi mendapatkan respon yang sangat baik dari para pembaca dan telah berperan dalam mengembangkan cerita bertema Pertualangan ,novel ini memberikan rasa tegang dan penasaran Serta memberikan jawaban dari tak terduga dari ketegangan tersebut kepada para pembacanya.

karena banyaknya peminat,novel ini dansudah di adaptasi menjadi filem Life Of Pi (penulis merupakan mahasiswa Unand Padang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *