Wabup Solok Tinjau Longsor Nagari Kacang

0
226

SOLOK, JN-Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, hari Minggu sore (29/12), meninjau lokasi longsor yang terjadi pad Sabtu dinihari, di Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Musibah longsor yang menimpa 4 Jorong terjadi di Kacang sekira pukul 02.10 menit. Longsor juga menghamtam rumah warga dan sekolah dan membuat akses jalan terputus. Meski tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
“Longsor terjadi disaat warga sedang tertidur pulas dan beruntung tidak ada korban jiwa, ” cetus Pj Walinagari Kacang, Maizal yang diamini Pandampinh Lokal Desa (PLD), Ardinal Syahril, dan para tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Wabup berpesan agar warga tetap bersabar dalam menghadapi musibah tersebut.

Longsor di Jorong Tembok Nagari dan Jorong Jambu Nagari Kacang dan menimbun sebahagian halaman belakang Sekolah MTSN Kacang.

“Ini adalah musibah dan merupakan teguran dari Allah. Sebagai hambanya, kita wajib bersabar dalam menerima setiap ujian dan cobaan, ” tutur H. Yulfadri Nurdin.

Wabup meminta Dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas BPBD dan Dinas PUPR untuk segera mendata dan memberikan bantuan kepada keluarga korban mari terus waspada terhadap kemungkinan bencana susulan karena Kabupaten Solok memang rawan bencana.
“Semoga yang terkena musibah bisa bersabar dan waspada terhadap kemungkinan bencana susulan,” harap H. Yulfadri Nurdin.

Selain meninjau lokasi, Wabup juga berdialog dengan korban longsor Jorong Tembok Nagari Kacang.
Kepada masyarakat Kabupaten Solok yang tinggal di daerah rawan bencana, Wabup juga meminta untuk terus mewaspadai bahaya longsor yang kita tidak tau kapan datangnya.

“Terimakasih kepada kami sampaikan kepada Bapak Wakil Bupati Solok yang sudah datang dan cepat tanggap dengan musibah ini, ” tutur Ardinal (42), warga setempat.

Sebelum di Nagari Kacang, Dua Minggu lalu, juga terjadi musibah longsor di Ujung Ladang, musibah longsor juga pernah terjadi di Sibarambang, Tigo Lurah dan Air Dingin dan bahkan memutus jembatan dari Rangkiang Luluih menuju Nagari Sumiso.

Musubah longsor di Ujung Ladang menimpa rumah milik Atri, Guru SDN 12 Koto Sani jumlah anggota keluarga 7 orang, rumah J Gindo Kayo dan rumah milik Aida yang dihuni 2 orang suami istri.

Camat X Koto Singkarak, Drs. Syahrial, MM, usai mendapat laporan juga langsung turun ke lokasi.
“Saat ini kami bersama Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Solok, Dinas PUPR dan Dinas Sosial serta Tim SAR sudah berada lokasi untuk melakukan pendataan terhadap rumah dan warga yang terkena longsor ” sebut Syahrial.
Disebutkannya, karena akses jalan terputus, maka untuk menuju Ujung Ladang, pihaknya harus mencari jalan alternatif yakni harus berputar ke Aie Angek dengan menggunakan sepeda motor.
“Semua korban longsor kita instruksikan dulu untuk di ungsikan ke Masjid Nurul Yaqin dan kita beri bantuan berupa makanan siap saji dan selimut, ” terang Syahrial.
Bahkan diantara rumah warga, ada yang hilang ditutup material longsor dan dibutuhkan alat berat untuk mengangkat materialnya (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda