Wabup dan Bupati Solok Naik Ojek Tinjau Korban Banjir dan Longsor

0
98

SOLOK,  JN- Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nurdin,  SH,  hari Senin (5/11), meninjau korban banjir bandang yang melanda nagari Sumani,  Kecamatan X Koto Singkarak,  Kabupaten Solok.

Dalam kunjungan ke Koto Sani tersebut,  turut hadir Kadis BPBD Kabupaten Solok,  H. Dasril,  Kepala dinas Satpol PP dan Damkar Pemkab Solok,  Efriadi Sikumbang, Camat X Koto Singkarak,  Syahrial dan Walinagari Koto Sani.

Tampak Wabup Solok bersama SOPD terkait harus naik motor ojek untuk meninjau titik longsor ke Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani yang terisolasi akibab bencana banjir dan longsor.  ” Saya meminta masyarakat untuk terus waspada karena daerah kita rawan banjir dan longsor.  Ini adalah musibah yang harus kita ambil hikmahnya, ” jelas H. Yulfadri Nurdin,  dihadapan masyrarakat dan Pemerintah Nagari Koto Sani.

Bupati Gusmal naik ojek menuju lokasi bencana longsor dan banjir Sungai Lasi

Wabup juga meminta Dinas BPBD dan Dinas Sosial untuk segera mendata dan membantu seluruh rumah korban banjir dan longsor di Koto Sani seceoatnya.   ” Yang saya lihat puluhan rumah warga tampak rusak dan dimasukin lumpur serta puluhan hektar lahan pertanian masyarakat juga tampak rusak berat akibab musibah banjir dan longsor ini, ” terang H.  Yulfadri Nurdin.

Swbagaimana diketahui, banjir di Kecamatan X Koto Singkarak, seperti di Nagari Koto Sani, terjadi Minggu kenaren dan merusak puluhan hektare sawah dan ladang serta juga pemukiman warga. Banjir juga mengakibabkan longsor yang memutus akses Koto Sani ke Ujung Ladang dan sekitarnya. “Akibab longsor, masyarakat di Jorong Ujung Ladang belum bisa keluar membawa kendaraan karena jalan tertutup longsor,” jelas Camat X Koto Singkarak, Syahrial. Hingga berita ini diturunkan, puluhan anggota Polri dan TNI tampak turun membantu warga  Koto Sani.

Sementara di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Bupati Solok, H. Gusmal,   juga tampak meninjau korban banjir dan Longsor dan Bupati dan rombongan juga harus naik ojek untuk menuju lokasi banjir Sungai Lasi.  Bahkan akibab longsor yang terjadi Minggu kemaren,   sebuah rumah milik warga di Sungai Lasi rusak berat dihantam longsor. Beruntung longsor tidak sampai menimbulkan korban jiwa.
 “Sewaktu musibah longsor terjadi, penghuni rumah sedang berada di depan. Jadi alhamdulillah semua selamat,” jelas Camat IX Koto Sungai Lasi, Reflidon. Bupati Gusmal meminta korban longsor dan banjir sabar dalam menghadapi cobaan dan meminta Dinas Perumahan dan Dinas PUPR untuk segera membantu membersihkan rumah warga dan mendatangkan alat berat untuk mempercepat proses penanganan.
“Saya minta Dinas PU perumahan dan Dinas PUPR untuk segera membantu korban banjir dan longsor, ” ucap Gusmal. 
Sedikitnya di Kecamatan X Koto Sungai Lasi terdapat 10 titik longsor dan 4 titik merupakan paling paraj rusaknya,  hingga menimbulkan akses jalan Kabupaten tertutup timbunan material longsor (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda