Rumah Jamaris di Bukik Gompong Ludes Diamuk Sijago Merah

0
365

SOLOK, JN- Malang sakijok mato, mujue sapanjang hari. Setidak-tidaknya begitulah yang dialami Jamaris (50), warga Bukik Gompong, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, dimana rumah miliknya ludes diamuk sijago merah saat ditinggal korban pergi ke kebun miliknya, pada Senin (11/3), sekira pukul 11.30 Wib.

Saat kejadian, korban Jamaris sedang berada di kebun miliknya yang berjarak cukup jauh dari rumah korban.
Sementara warga setempat, berinisiatif secara bersama-sama mencoba memadamkan api dengan cara manual, sebelum mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi.
” Saya tidak tau apa penyebab kebakaran, namun tiba-tiba api dengan cepat melalap rumah Bapak Jamaris, ” tutur Yendra Wati (34), tetangga korban yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kebakaran. Diduga api berasal dari konsletting listrik.
Saat kejadian, beberapa orang warga setempat mencoba memberi tahu korban yang sedang berada di kebun.

Sementara Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok, Drs Efriadi Sikumbang, MM, mengakui bahwa rumah milik korban Jamaris memang dengan cepat dilalap sijago merah karena memang terbuat dari kayu.

“Anggota kita sudah tidak bisa lagi menyelamatkan rumah korban karena api lebih cepat melumat rumah itu karena memang terbuat dari bahan yang mudah terbakar seperti dari kayu, ” tutur Efriadi Sikumbang, yang juga diamini Kabid Damkar, Khairul.
Pihaknya mengaku dan berupaya agar api tidak meluas ke rumah warga lain di sekitar lokasi.
Api bisa dijinakan sekira pukul 12.30 Wib setelah beberapa unit mobil damkar dan masyarakat sekitar bahu-membahu memadamkan api.
Walinagar Koto Gadang Guguak, Adri yang tiba di lokasi, menyampaikan rasa dukanya kepada korban dan berharap korban tetap tabah dalam menjalani musibah ini.
“Semua datang dari Allah dan kita diminta untuk tetap dalam kesabaran. Tuhan tidak akan menguji hambanya kalau hambanya tidak akan sanggup menerimanya, ” jelas Adri.

Usai kejadian, anggota Polsek Talang dan Polres Solok, melakulan pendataan apa penyebab kebakaran. Sementara kerugian akibab kebakaran tersebut diraksir sekitar Rp35.000.000 (wandy

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda