Polres Solok Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir Talang Babungo dan Longsor Salimpat

0
158

SOLOK,  JN- Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan,Sik, melalui  Kapolsek Lembah Gumanti  Iptu  Amin Nurasyid,SH, hari Sabtu (13/10, menyerahkan bantuan kepada keluarga  korban bencana alam berupa tanah longsor di jorong Sibuabua Nagari Salimpat yang terjadi pada Jum’at tanggal 12 Oktober kemaren dan menimpa rumah Agustia Hutri (31) di Jorong Sibuabua Nagari salimpat Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh wali nagari salimpat Bapak Zulfikar Panduko Rajo. “Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Kapolres dan Bapak Kapolsek Lembah Gumanti beserta jajaran atas bantuan ini,” jelas Agustia Hutri, usai menerima bantuan dari Kapolres Solok.

Selanjutnya pada hari Sabtu sore, Tanggal 13 Oktober 2018 sekira Pukul 14.45 Wib, juga dilakukan penyerahan bantuan kepada keluarga korban banjir di Sungai Dareh Jorong Talang Timur Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti  oleh Kapolres Solok yang diwakili oleh Kapolsek Hiliran Gumanti Iptu Iwan Ariyadi. SH bersama dengan Ketua Ranting Polsek Hiliran Gumanti. Bantuan diserahkan kepada keluarga korban yang rumah semi permanennya hancur terkena dampak bencana  banjir yakni atas nama  Sofion Efendi (42), warga Sungai Dareh Jorong  Silanjai Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.

Bantuan yang diserahkan Kapolres  Solok AKBP. Ferry Irawan,S.I.K melalui Kapolsek Hiliran Gumanti adalah berupa Uang tunai sebanyak 1.000.000, Beras 20 Kg dan Indomie Sebanyak 2  Dus. Dalam perberian bantuan tersebut Kapolsek Hiliran Gumanti didampingi oleh Wali Nagari Talang Babungo Zulfatriadi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, akibab curah hujan yang tinggi turun secara terus menerus sejak beberapa hari terakhir,  mengakibabkan air sungai meluap di beberapa Nagari di Kabupaten Solok,  seperti di Nagari Talang Babungo,  Kecamatan Lembah Gumanti dan juga Salayo di Kecamaran Kubung.

 

Di Nagari Talang Babungo,  Kecamatan Hiliran Gumanti,  debet air sungai mengenangi rumah warga di Jorong Talang Barat dan Talang Timur,  Nagari Talang Babungo dan merobohkan tembok pengaman Sungai yang hanya berjarak sekitar 5 meter dari masjid Baitushafa.

“Alhamdulillah,  banjir tidak mengakibabkan korban jiwa,  namun lahan pertanian warga banyak yang rusak, ” ujar Walinagari Talang Babungo,  Zulfatriadi,  Jum’at (12/11).

 

Selain di Sungai Nanam,  genangan air setinggi 10 hingga 20 cm akibab meluapnya Sungai Batang Lembag,  juga sudah mengenangi rumah warga di beberapa Jorong di Nagari Salayo, Kecamatan Kubung.

 

Selain itu,  akibab hujan deras,  sebuah rumah milik warga di Jorong Sibuabua,  Nagari Salimpat,  Kecamatan Lembah Gumanti,  juga dihantam longsor pada  hari Kamis tanggal 11 Oktober 2018 sekira pukul 20.30 Wib. Musibah longsor menimpa rumah Agustia Hutri (31), dan mengakibabkan rumah rusak berat.

Akibab kejadian tersebut,  puluhan personil kepolisian dibawah pimpinan Kapolsek Lembah Gumanti,  ikut turun membantu mengamankan rumah korban bersama warga sekitar.

Beruntung waktu kejadian,  penghuni rumah sedang berada dibagian depan rumah sehingga selamat dari musibah longsor.

“Alhamdulillah,  musibah longsor ini tidak sampai nenimbulkan korban jiwa,” jelas Kapolsek Lembah Gumanti,  Iptu Amin Nurasyid,  SH.

 

Kepala BPBD Kabupaten Solok,  H.  Dasril,  menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Solok terutama yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu waspada,  baik terhadap musibah banjir atau tanah longsor.

“Kita berharap karena curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari ini,  maka masyarakat agar terus waspada karena daerah kita rawan bencana, ” tutur H.  Dasril (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda