Pemkab Solok Gelar Sosialiasi Bencana Bagi Aparat Keamanan Nagari dan Kecamatan

0
63

SOLOK, JN- Pemerintahan Kabupaten Solok, menggelar acara sosialisasi untuk meningkatkaan kapasitas kebencanaan bagi aparat kecamatan, Nagari, dan masyarakat serta untuk pengurangan risiko bencana di Kabupaten Solok.

Acara digelar di Ruang Pertemuan DPMN Kabupsten Solok, Senin (18/3), dengan dihadiri oleh Kadis BPBD Kabupaten Solok, Drs. Dasril, MM, Kadis PMN, Medison, para camat dan Walinagari di Kabupaten Solok serta aparat terkait.
Dalam kesempatan itu, Bupati Solok H. Gusmal menyebutkan bahwa penanggulangan bencana saat ini tidak lagi hanya terfokus kepada tanggap darurat saja, akan tetapi bergeser kepada upaya pengurangan risiko bencana.
“Dengan adanya sosialisasi ini, akan ada manfaat dan petunjuk bagi kita untuk mengurangi dampak bencana, ” jelas Gusmal.

Dalam menyikapi penanggulangan bencana, Gusmap berharap semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dapat menampung program antisipasi bencana masing-masing sehingga apabila terjadi bencana maka seluruh OPD yang terkait ikut serta dalam menanganinya.
Selain itu, masyarakat juga harus mempunyai wawasan bagaimana menghadapi bencana dan persiapan jika terjadi bencana sehingga mengurangi dampak yang dialami.

“Kepada masyarakat Kabupaten Solok, saya mengimbau agar tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana yang bisa datang kapan saja,” jelas Gusmal.

Dijelaskan Bupati, kita perlu sosialisasi dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada kelompok siaga bencana (KSB) dan masyarakat dalam penanggulangan bencana secara berkelanjutan dan rutin sehingga meminimalkan risiko dampak bencana.

Karena Semua kelompok siap siaga (KSB) di tiap-tiap nagari juga harus dapat meningkatkan keterampilan kelompok dalam penanggulangan bencana sehingga menjadi perpanjangan tangan BPBD di nagari yang tak terjangkau.

Sebelumnya, Ketua pelaksana sekaligus Sekretaris BPBD Kabupaten Solok Drs. Edwar, MM, menyebutkan kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan kecamatan dan nagari di bidang kebencanaan.

Peningkatan kapasitas melalui sosialisasi yang dibimbing oleh fasilitator yang diikuti oleh 65 orang perwakilan, dari Kecamatan Lembang Jaya enam nagari, Kecamatan Pantai Cermin dua nagari, Kecamatan Lembah Gumanti empat nagari dan Kecamatan Gunung Talang tiga nagari.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk membangun jaringan informasi dan kerjasama antar semua aparatur kecamatan, nagari dan masyarakat dan memberdayakan kelompok siaga bencana (KSB) dalam mencegah dan menanggulangi bencana,” jelas Edwar
Dia berharap semua KSB di tiap-tiap nagari dapat meningkatkan keterampilan kelompok dalam penanggulangan bencana yang kapan saja bisa terjadi (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda