Pasca Banjir, Wabup Solok Yulfadri Nurdin dan Masyarakat Lembah Gumanti Gelar Goro Bersama

0
471

SOLOK, JN-Pasca banjir dan longsor yang melanda
Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, pada Kamis sore, (13/2), Wakil Bupati H. Yulfadri Nurdin, SH, menggelar gotong royong (goro) bersama masyarakat
setempat pada Jum’at pagi (14/2).

Acara goro juga dihadiri Kadis PU Sumbar, Ir. Fhatol Bahri, Msc (Engg),
Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Arnen, AP.MM, Walinagari Alahan Panjang, Zullkarnaini, Walinagari Salimpek dan tokoh masyarakat Lenbah Gumanti.

Goro digelar di lokasi bencana banjir seperti membersihkan got, jalan raya yang tertutup material lingsor sepanjang 400 Meter di daerah Sipadieh Simpang Taratak, Salimpek dan longsor menutup jalan raya yang menghubungkan Alahan Panjang dengan Kecamatan Hiliran Gumanti, seperti Nagari Talang Babungo dan Sariak Alahan Tigo serta Nagari Sungai Abu.

“Akibat banjir yang menutupi badan jalan dengan material batu dan sirtu yang tinggi, mengakibatkan terhambatnya warga yang akan pulang ke rumah mereka ke Talang Babungo dari Alahan Panjang ataupun sebaliknya, kemaren, ” sebut Kalaksa BPBD kabupaten Solok, Armen AP. Disebutkan Armen AP, mereka terjebak di rumah-rumah warga karena hari hujan dan badan jalan yang tidak longsor juga dipenuhi kendaraan roda dua dan roda empat. Masyarakat terjebak ingin pulang karena hari Kamis merupakan hari Pasar di Talang Babungo dan juga di Alahan Panjang.

“Alhamdulilah, Tim Reaksi Cepat BPBD, sudah meluncur ke TKP dan bersama masyarakat memulai membersihkan lokasi sejak tadi malam ” tambah Armen AP.

Selain di lokasi tersebut, banjir juga mengenangi pasar Alahan Panjang dan longsor di Simpang Ampek, depan kantor KUA Alahan Panjang dan menutup akses jalan menuju Pasar Usang atau Pasar Alahan Panjang. Wabup Solok, H. Yulfadri Nurdin dan rombongan juga tampak ikut bergoro di lokasi tersebut.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, pada saat menghadiri goro, bersama masyarakat, berpesan agar menjaga kekompakan.
“Ini musibah datang dari Allah dan kita harus yakin kalau Allah tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan hambaNya, ” sebut Yulfadri Nurdin.

Wabup juga berharap pihak BPBD, SKPD terkait, Stake Holder kebencanaan, TNI, Polri, PMI, Tagana, RAPI, untuk secara bersama-sama dengan ikhkas membantu masyarajat yang terkena bencana dan membantu masyarakat yang terdampak banjir.

‘Hari ini Kepaka Dinas PU Sumbar dan Kadis BPBD juga hadir dan segera didata. Saya berpesan jepada dinas terjait, untuk terus berkoordinasi takut terhadi musibah susulan , ” sebut Yulfadri Nurdin.

Selain musibah banjir dan longsor, musibah angin puting Beliung juga menghabtam 2 unit rumah di jorong Galagah Nagari Alahan Panjang.

Angin puting beliung ini merusak bagian atap dan kuda-kuda rumah pak?

Usai bergoro, Rombongan Wabup Solok dan Kadis PU Sumbar, juga langsung mengunjungi rumah korban puting beliung di Sungai Nanam (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda