LIMAPULUH KOTA, JN- Hujan lebat yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat belakangan ini, mengakibatkan beberapa titik di Kecamatan Pangkalan terendam banjir, pada Rabu (12/2).

Beberapa titik yang dilanda banjir itu, yakni, Jorong Pauh Anok, jorong Banjaranah, Jorong Tigo Balai, Jorong Pasar Usang, Jorong Lakuak Godang dan Jorong Subarang Koto Panjang.

“Akibat curah hujan yang tinggi, Ada beberapa titik didaerah kita yang dilanda banjir di Pangkalan, ini disebabkan dari meluapnya sungai Batang Maek, Sungai Batang Kasok dan Sungai Batang Samo,”ujar Kalaksa BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir, Rabu (12/2) siang.

Menurut Joni Amir, intensitas hujan terus menerus semenjak tengah malam dari Senin hingga selasa (10-11/2) di wilayah timur Limapuluh Kota mengakibatkan 6 Jorong tersebut terendam.

“Debit Air naik secara tiba-tiba mencapai 50 cm sekira pukul 05.00 Wib subuh tadi dan merendam pemukiman warga. Selain permukiman, sekolah dan kendaraan juga ikut terendam, untuk korban jiwa nihil,” sebutnya.

Hingga kini, BPBD bersama TNI/Polri, Tim Reaksi Cepat (TRC) masih memantau dan mendata akibat banjir tersebut.

“Alhamdulillah, selang Tiga jam air mengenanangi perumahan penduduk, sekira pukul 09.00 sudah mulai kering kembali dan masyarakat sudah dapat kembali membersihkan rumah yang digenanggi air tersebut,”tutupnya. (RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here