Kantin MAN Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok Kebakaran

0
132

SOLOK, JN- Musibah kebakaran kembali melanda Kabupaten Solok. Jum’at sore (31/8) sekira jam 17. 20. Wib, api melalap ruang kantin MAN 1 Solok, yang beralamat di Koto Baru, tepatnya di Jorong Bawah Duku Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kebakaran itu juga telah mengabibabkan kerugian puluhan juta. Setidaknya Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Solok, menurunkan 7 unit Mobil pemadam kebakaran yang didatangkan dari Kabupaten dan kota Solok. Menurut Saksi mata Auliansyah (16), yang merupakan pelajar MAN Koto Baru, api berasal dari kantin sekolah yang dikelola oleh Azizah Mutia (39), yang berasal dari dinding kantin bagian atas atau loteng akibab kabel terbakar atau konsletting listrik. Hal tersebut juga dibenarkan Andra (30), petugas Scurity MAN Koto Baru, bahwa kebakaran adalah murni akibab arus pendek. “Saya bertugas di Pos Satu, karena mendengar ada suara teriakan dari ruang kantin, saya mencoba datang kesana dan api sudah mulai membakar kantin dan saya mencoba menghubungi petugas kebakaran Pemkab Solok dan sekitar setengah jam mobil Damkar sampai di lokasi,” jelas Andra.

 

Satu kantin yang terbakar adalah ruangan kantin Sehat Thoyyibah yang berada di komplek ssekolah MAN. Selanjutnya api menjalar keruang sebelah yakni lokal kelas MIA III, dan sewaktu kebakaran pemilik kantin yakni Azizah Mutia, sedang tidak berada di tempat dan kantin dalam keadaan terkunci. Petugas Security Andra dan siswa yang masih berada di sekolah, mencoba memadamkan api dengan cara manual sebelum petugas damkar sampai di lokasi. Setelah 7 unit damkar sampai di TKP, api bisa dijinakan dan sekira pukul 18.30 Wib api sudah dapat dipadamkan.

Menurut pelatih Pramuka MAN 1 Solok, Hengky,  saat kejadian ia tengah latihan dilapangan basket di lingkungan sekolah. Karena melihat  asap  mulai mengepul dari salah satu ruang kantin,  Hengky langsung melakukan tindakan pemadaman bersama siswa dan security sekolah.

“Alhamdulillah, api segera bisa diatasi dan tidak sampai menghaguskan ruang kelas yang lain. Terimakasih kepada petugas pemadam kebakaran dari Pemkab dan kota Solok yang bertindak cepat,” jelas Afrizal K, Walinagari Koto Baru yang diamini Kapolsek Kubung.

Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan, menyebutkan, hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran di ruang kantin MAN I Solok atau MAN Koto Baru. “Dugaan sementara api berasal dari konsletting listrik yang berada di kantin sekolah. Sementara kerugian ditaksir mencapai puluhan juta,” jelas AKBP Ferry Irawan. Untuk mengamankan lokasi, pihaknya juga sudah memasang garis polisi di TKP (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda