Jalan Provinsi dan Kabupaten di Nagari Paninjawan Mengalami Longsor

0
76

SOLOK,  JN- Akibab cuaca buruk dan hujan yang turun secara terus menerus dalam beberapa hari terakhir,  beberapa ruas jalan Kabupaten dan Jalan Provinsi yang ada di Nagari Paninjawan,  Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok,  mengalami longsor pada Rabu dinihari.

Jalan Kabupaten di Nagari Paninjawan juga mengalami longsor

Sesuai pemantauan media ini pada Rabu siang (31/10), di Nagari Paninjawan bersama Walinagari Darsel Ilyas,  beberapa titik longsor terdapat di Jorong Pasa dan Jorong Aie Batumbuek. Longsor juga mengakibabkan  badan jalan ada yang terbal dan ada yang mengalami tertimbun longsor hingga sepanjang 15.meter dengan ketinggian berpariasi antara 1hingga 3 meter,  namun masyarakat di sana tampak secara swadaya melakukan gotong royong membersihkan badan jalan dibawah komando walinagari Paninjawan,  Darsel Ilyas.

“Ya,  kalau menunggu alat berat dari Kabupaten atau provinsi tentu akan lama.  Yang penting bagaimana saat ini kendaraan bisa melintas dulu,” jelas Walinagari,  Darsel Ilyas. Bersama puluhan masyarakat setempat meski dengan secara manual,  hingga Rabu siang,  beberapa titik longsor di Jorong Pasa dan Aie Batumbuak sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat, meski harus secara bergantian. “Alahmdulillah, longsor tidak sampai mengakibabkan korban jiwa,” tutur Walinagari yang dikenal dekat dengan semua kalangan itu.

“Kita harus sabar menunggu alat berat dari Dinas PUPR Propinsi sebab kalau dilaporkan ke PUPR Kabupaten mereka tidak akan tindak lanjuti kerna itu jalan Propinsi,” jelas Darsel Ilyas. Selanjutnta  2  titik jalan Nagari yang dibiayai dari dana desa atau Nagari juga mengalami longsor.

“Kita sudah buat laporan ke Kecamatan dan Kabupaten agar bisa ditindaklanjuti,”    jelas Darsel Ilyas. Baru pada sore harinya sebuah alat berat yang dikirim Dinas PU Provinsi Sumbar sampai di Nagari Paninjawan dan langsung bekerja  (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda