SOLOK, JN- Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, dipilih menjadi Kampung Tageh atau sebagai pilot Project/Percontohan  desa atau /Kelurahan Tangguh dalam menghadapi Pandemi Covid-19 menuju Tatanan Kehidupan Baru (New Normal).


Hari Kamis (18/6), Bupati Solok, H. Gusmal dan Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho,SH, S.i.k.M.Si, melakukan pengecekan kesiapan Kampung Tageh Covid-19 tersebut.
Selain Kapolres dan Bupati Solok, tampak hadir dalam kunjungan tersebutWaka Polres Solok Kompol Harianto, MH,MM, Asisten I Pemkab Solok, Edisar, SH, M.Hum, Kabag Humas Pemkab Solok, Syofiar Syam, Camat Gunung Talang, Misran Masdagar, Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putieh, Kabag Ops Polres Solok AKP.Joko Hendro Lesmono ,SH,S.ik, Kasat Binmas AKP. Bambang Haryono, SE, Kasat Lantas Polres Solok IPTU Hidayanda Rizky ,SH, Kasat Kasi Propam Polres Solok IPTU Erisonadi, Kapolsek Gunung Talang IPTU Azwari Siregar, Sekcam Gunung Talang Maiseven, Ketua KAN Jawi-Jawi Admun Riwanto Pasaj Nagari, Kepala Jorong Balai Oli Arti Salmi dan tokoh masyarakat setempat.
Inisiatif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC), membentuk Kampung Tangguh, Desa Tanggap Covid-19 di seluruh desa/kelurahan zona merah mendapat apresiasi dari Kapolres Soloksaat meninjau Kampung Tangguh, Desa Tanggap Covid-19 di Jorong Balai Oli

Kunjungan dilakukan ke Jorong Balai Oli, Nagari Jawi-Jawi Guguak tersebut, bertujuan untuk pengecekan Pengolahan Pangan yang berada di  Jorong Balai Oli Nagari Jawi-Jawi Guguak.Selain itu rombongan Bupati dan Kapolres Solok juga untuk nelihat ternak Itik Petelur yang berada di Jorong Balai Oli Nagari Jawi-Jawi Guguak tersebut.Selain itu juga dikakukan pengecekan Pos Jaga Covid-19 di Jorong Balai Oli Nagari Jawi-Jawi Guguk tersebut.
“Tujuan pengecekan ini adalah karena Jorong Balai Oli Nagari Jawi-Jawi Guguak, terpilih menjadi Perwakilan Polres Solok menjadi Pilot atau Project/Percontohan Desa/ Tangguh dengan menghadapi Pandemi Covid-19 menuju Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal,” sebut Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho.

Selain itu juga untuk meninjau Perekonomian Masyarakat terhadap Pandemi Covid-19 di Jorong Balai Oli Nagari Jawi-Jawi Guguak yang menjadi Pilot atau Project/Percontohan Kampung Tangeh Covid-19.
Disebutkan Kapolres, tujuan pembentukan Kampung tangguh tanggap Civid-19 adalah agar bisa menekan penyebaran virus Corona. Bahkan kampung tangguh di Kabupaten Solok diharapkan bisa menjadi role model bagi yang lain.

“Pendirian kampung tangguh tanggap COVID-19 dibangun atas semangat gotong royong dan mengedepankan partisipasi masyarakat,” jelas AKBP Azhar Nugroho.

Kapolres juga mengacungi jempol terhadap respon dari Bupati dan Pemkab Solok yang telah mereplikasi program tangguh yang digagas oleh Kapolda.

Kapolres juga  berharap agar tidak hanya Jawi-Jawi Guguak saja yang mereplikasi program ini tapi semua daerah bisa menerapkan program kampung tangguh ini. 
Bupati Solok, H. Gusmal, juga berharap  agar semua Nagari di Kabupaten Solok bisa menjadi kampung tangguh bukan hanya untuk menghadapi Covid-19 tapi juga untuk menghadapi semua persoalan sosial lainnya, seperti masalah keamanan, kesejahteraan atau masalah ketenagakerjaan dan yang lainnya.
Di kawasan Balai Oli ini, perangkat Bagari bersama tokoh masyarakat dan agama guyup berdisiplin menjalankan protokol kesehatan.


“Warganya diharapkan juga saling membantu kepada mereka yang terdampak Covid-19. Baik yang terdampak langsung, maupun secara ekonomi dengan memantapkan lumbung Nagari,” terang Gusmal.
Walinagari Jawi-Jawi Guguak, Laswir Malin Putieh, juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok dan Kapolres, yang telah menunjuk nagari yang dipimpinnya sebagai percontohan menuju kehidupan baru dalam memerangi Covid-19.
“Semoga hal ini juga didukung terus oleh masyarakat,” sebut Laswir (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here