Bencana Banjir dan Tanah Longsor Menimpa Nagari Aia Dingin Kabupaten Solok

0
530

SOLOK, JN- Setelah jembatan penghubung antara Jorong Data dan Jorong Koto di Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, ambruk, pada Senin sore (15/4) sekira pukul 17.30 Wib, maka pada Selasa siang (16/4), sekira pukul 15.30 Wib, giliran badan jalan yang ada di Jorong Koto Baru, Nagari Aia Dingin yang tertimbun bencana longsor.

Akibatnya, akses Jalan menuju Jorong Data dan jorong Koto di Nagari Aia Dingin, juga terputus. Beberapa anggota masyarakat yang melintas di sana, juga terpaksa berbalik arah, karena badan jalan tidak bisa dilintasi karena tingginya material longsor yang bervariasi mulai setinggi 1 hingga 3 meter dengan panjang hampir 10 meter.

Longsor disebabkan karena tingginya curah hujan dalam Satu Minggu terakhir di daerah Aia Dingin dan beberapa daerah di Kabupaten Solok.

“Kita sudah mengupayakan alat berat untuk segera didatangkan ke lokasi longsor hari ini, ” jelas Nopelius, salah seorang Kasi di Dinas PUPR Kabupaten Solok, kepada Koran Padang, melalui jaringn telepon cellullernya, Selasa petang.
Hingga sore hari, pihaknya masih terkendala dengan pengiriman alat berat ke lokasi karena cuaca masih hujan deras.

Selain membuat dua jorong terisolir, juga mengakibatkan penyaluran surat suara ke Delapan TPS di Jorong Data dan Koto akan terganggu.
“Surat suara untuk Delapan TPS di dua jorong kami belum dikirim. Kalau jalan tidak bisa dilintasi, maka dipastikan warga kami tidak akan memilih besok hari, ” tutur Kamirus Malin Sutan, Wakil Ketua BMN nagari Aia Dingin.

Untuk jembatan yang longsor Senin sore, sudah ditinjau langsung oleh Dinas PUPR dan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, Selasa. Namun mengenai jalan yang longsor di Koto Baru, hingga berita ini diturunkan masih belum diperbaiki karena cuaca masih diguyur hujan deras (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda