MALALO, JN- Setidaknya 8 bangunan, 6 rumah warga, 1 petak toko, 1 mobil minibus serta puluhan ternak warga hanyut terkena banjir bandang, Jum’at (17/1/2020) dini hari sekira pukul 05.30 WIB di jorong Tanjuang Sawah Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.

Selepas informasi diterima, Bupati Irdinansyah Tarmizi langsung menyambangi lokasi bencana untuk meninjau langsung dampak dan kondisi korban bencana itu.

Di kesempatan itu ia mengatakan, dari laporan dan data yang diperoleh di lapangan penyebab banjir bandang masih dipelajari. “ Hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Jumat dini hari menjadi dugaan sementara penyebab terjadinya bencana alam ini, namun akan kita pelajari dengan menelusuri hingga ke hulu oleh tim teknis,” ucap Irdinansyah.

Irdinansyah menghimbau, melihat kondisi cuaca dan kejadian yang baru saja menimpa warga diharapkan meningkatkan kewaspadaan. “Warga yang terdampak langsung telah diungsikan di tempat aman, namun warga lain yang memiliki potensi di sekitar lokasi tentu juga diharapkan meningkatkan kewaspadaan karena dikhawatirkan ada banjir susulan,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Irdinansyah menginstruksikan pihak terkait membuka dapur umum dan posko bencana serta prioritas penanganan pasca bencana berupa pembersihan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter yang menjadi akses transportasi bagi masyarakat sekitar. (Damara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here