Aparat Gabungan dan Masyarakat Berhasil Padamkan Api di Kaki Gunung Talang

0
188

SOLOK, JN- Musibah kebakaran yang melanda hutan di kaki Gunung Talang, yang terjadi sejak Kamis sore, berhasil dipadamkan pada hari Jum’at (27/9), oleh petugas gabungan dari Polsek Gunung Talang, personil Koramil, Damkar dan BPBD serta dibantu masyarakat sekitar

Kebakaran hutan di kaki Gunung Talang tersebut, terjadi Kamis sore sekira pukul 16.30 Wib, di Dusun Andalas, di perbatasan Nagari Batang Barus dan Air Batumbuk, Kecamatan Gunung Talang, sudah menghanguskan lahan lebih dari 10 hektare.

“Alhamdulillah, kita bersama-sama sudah berhasil memadamkan api yang membakar hutan di kaki Gunung Talang, ” ujar Kapolsek Gunung Talang, Iptu Yasril Muchtar, SH, MH, Jum’at sore.

Kapolsek yang juga didampingi Bhabinkamtibmas Talang, Briptu Hendri Lucky, juga menyebutkan bahwa hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat berwajib.
“Kita tidak tau, apakah ini terbakar atau dibakar dan dari mana sumber api berasal, ” tambah Iptu Yasril Muchtar.

Dijelaskannya, aparat gabungan mulai bergerak menuju TKP untuk memadamkan api sejak Jum’at pagi sekira jam 09. 00 Wib dan berhasil menjinakan sijago merah sekira pukul 15.30 Wib.

Kasat Pol PP dan Damkar Pemkab Solok, Efriadi Sikumbang, juga menyebutkan bahwa kebakaran terjadi pada hari Kamis sore, namun karena saat kebakaran hari sudah gelap, maka aparat gabungan sepakat untuk turun pada Jum’at pagi untuk bergerak memadamkan api.
” Keputusan itu kita ambil setelah menggelar rapat gabungan dengan aparat Kepolisian, Personil Damkar, Pemerintah Nagari dan TNI,” terang Efriadi.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat ikut menjaga lingkungan sekitar agar hutan tidak lagi terbakar.

Betkat kegigihan aparat gabungan, api kemudian berhasil dijinakan Jum’at sore (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda