Akibat Banjir Bandang, Jembatan di Aia Dingin Ambruk Warga Desak Wabup Solok Agar Segera Diperbaiki

0
228

SOLOK, JN- Akibat hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang yang menimpa Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, pada Senin sore (15/4), sebuah jembatan penghubung ke jalan utama dari Jorong Koto dengan Jorong Data, di Nagari Aia Dingin ambruk dan roboh dihantam banjir bandang.

Selain membuat warga jorong Data dan Koto terisolir, jembatan tersebut juga menghubungkan sebuah sekolah dasar yang ada di Jorong tersebut, yakni SD Negeri 34 Aia Dingin. Akibatnya, proses belajar mengajar di sekolah itu jadi terganggu, karena siswa dan guru tidak bisa mencapai sekolah karena jembatan roboh dan dibawa banjir bandang.

Menurut cerita warga, jembatan itu ambruk sekitar pukul 17.30 Wib, karena kali yang ada dibawahnya tidak kuat menampung debit air, karena hujan turun sangat deras mengguyur daerah itu.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, selasa siang (16/4), langsung meninjau lokasi jembatan ambruk, dengan didampingi oleh Walinagari Aia Dingin, Petrizal.

Dalam kunjungan itu, warga mendesak agar Wakil Bupati Solok, segera memperbaiki jalan tersebut dengan menggunakan dana bencana alam. “Kalau tidak segera diperbaiki, maka daerah kami akan terisolir serta proses belajar mengajar siswa di SD 34 juga akan terganggu. Kami mohon kepada Bapak Waubup untuk segera memperbaikinya, ” tutur Rendi (44), warga sekaligus tokoh pemuda Jorong Data, Nagari Aia Dingin, dihadapan Wakil Bupati Solok.
Pihaknya juga menyebutkan, ratusan Kepala Keluarga (KK) yang berada di Jorong itu akan terisolir.
Rendi juga menyebutkan, bahwa tahun 2017 silam, jembatan itu juga pernah ambruk, tetapi tidak hanyut seprti sekarang. ” Bapak Wabup dan anggota dewan daerah sini juga sudah berjanji akan memperbaiki jembatan ini pada anggaran tahun 2018 lalu, tetapi dampai jembatan itu hanyut juga belum dianggarkan, ” terang Rendi.

Rendi bersama warga setempat, mendesak Dinas BPBD dan PU Kabupaten Solok, untuk segera menganggarkan jembatan yang ambruk itu, karena sangat vital bagi masyarakat setempat untuk akses keluar masuk ke pusat Nagari.

Sementara Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Solok, H. Dasril, menyebutkan bahwa masalah bencana alam pos pendanaannya berada di Dinas PUPR. “Katanya orang Dinas PUPR juga sudah meninjau jembatan yang ambruk itu Selasa ini, ” sebut H. Dasril.

Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, saat kunjungannya ke lokasi bencana jembatan ambruk, pada Selasa siang menyebutkan bahwa pihaknya sangat berharap agar jembatan itu segera diperbaiki oleh Dinas PUPR kabupaten Solok.
“Inikan sifatnya darurat dan harus segera secepatnya ditangani,” jelas H. Yulfadri Nurdin.
Bahkan dalam kunjungan itu, warga Aia Dingin juga mendesak agar Wabup segera meminta Dinas PU agar segera memperbaiki jembatan ambruk itu. Bahkan warga juga menterror orang Nomor Dua di bumi bareh Solok itu, agar memastikan jembatan itu dianggarkan sebelum Wabup meninggalkan lokasi.

“Kita akan memastikan Dinas Pu untuk segera memperbaiki jembatan ini, ” jelas H. Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda